Khasiat Bawang Putih


Assalamu'alaikum Para SantriBawang putih mengandung senyawa kimia yang masing-masing memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat.

Khasiat Bawang Putih

Berikut adalah beberapa Kandungan Senyawa Dan Khasiat Bawang Putih yang dimiliki bawang putih :

Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik.
Bawang putih mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai daya anti kolesterol untuk mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dll
Pada umbi bawang putih mengandung senyawa kimia yang cukup banyak, diantaranya :
1. Kalsium yang memiliki sifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi
2. Saltivine yang bermanfaat sebagai mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel syaraf
3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
4. Belerang
5. Protein
6. Lemak
7. Fosfor
8. Besi
9. Vitamin A, B1 dan C.

Kandungan Senyawa Dan Khasiat Bawang Putih

Kandungan Senyawa Dan Khasiat Bawang Putih untuk pengobatan penyakit, diantaranya :

a. Bawang putih untuk mengobati Flu dan Batuk.

Karena kandungan sulfur yang dimiliki bawang putih membuatnya memiliki aroma yang khas untuk meningkatkan dan mempercepat kerja membran mucous di saluran pernapasan yang membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih yang mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1992 dari sebuha Universitas Brigham Young di Utah mengungkapkan bahwa bawang putih yang ditumbuk dan menghasilkan minyak dapat membunuh rhinivirus tipe 2 ( penyebab umum sakit flu ) dan membunuh 2 macam herpes ( penyakit kulit menular ) serta beberapa virus lainnya.

Cara mengobati batuk :

Hancurkan beberapa siung bawang putih secukupnya, lalu masukan ke dalam panci yang berisi susu putih dingin, kemudian panaskan sekitar 1-2 menit dan minum selagi hangat.

b. Bawang Putih mengobati kolesterol tinggi

Bawang putih yang mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai anti kolesterol dan memperkecil gejala dari penyakit jantung dan menyembuhkan tekanan darah tinggi. Pada salah satu studi yang diedarkan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 mengungkapkan bahwa bawang putih merupakan pelopor untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan yang terpenting adalah membantu proses penyembuhan dari kadar kolesterol tinggi. Penurunan kadar kolesterol dapat mencapai 12 % dari total kolesterol yang dimiliki jika rajin mengkonsumsi bawang putih secara teratur dan baik dengan pola makan penurunan ini dapat terjadi selama 4 minggu perawatan.

c. Bawang Putih untuk penyakit kanker

Bawang putih maupun bawang merah memang dipercaya dapat mencegah timbulnya gejala dari berbagai jenis kanker terutama kanker perut dan usus besar. Kandungan Organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam memproduksi senyawa kimia beracun. Menurut penelitian epidemiologis mengatakan senyawa kimia yang mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko lebih rendah terkena kanker perut dan usus besar.

Menurut peneliti dari Penn State University dalam membuktikan dan mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan cara memotong tipis dan menghaluskan bawang paling sedikit 10 menit guna membentuk kandungan-kandungan yang membantu membunuh sel penyebab kanker.

d. Bawang Putih dan Kehamilan

Mengkonsumsi bawang putih selama masa hamil dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan Pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah yang mengandung protein dalam urine) dan membantu menaikkan berat badan bayi selama dalam kandungan.

Dr. D. Sooranna, Ms. J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Mereka menyimpulkan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengkonsumsi pil/kapsul bawang

ditulis ulang oleh Pak Rt
sumber dr berbagai sumber
Pak Rt

Pak Rt

Salah Satu Penggiat Sosial Media, yang selalu mengedepankan informasi benar terpercaya. sebagai wahana Dakwah dan memerangi HOAK .

Post A Comment:

0 comments: