FAIDAH MINUM KOPI MENURUT SYAIKH IHSAN JAMPES DAN  ULAMA ASWAJA



Assalamu'alaikum wahai para sahabat~


عليك بأكل البُنِّ فى كلّ ساعة * ففى البنِّ للأكل خمس فوائد نشاط و تهضيم و تخليل بلغَم * تطَيُّب اَنْفاس و عون لقاصد

"Minumlah kopi setiap waktu, karena ada lima faidah di dalamnya; Membangkitkan semangat, melancarkan pencernaan, menghilangkan dahak, memperbaiki pernafasan, dan membantu tujuan".

Kitab Irsyadul Ikhwan (Syeikh Ihsan Jampes Kediri)

Kira2 manfaatnya kopi untuk membuat semangat ibadah dan pekerjaan penting juga menghancurkan makanan, agar tidak masuk angin dan menghilangkan dahak yg banyak Qohwah (Kopi) Minuman para Sufi Kopi merupakan minuman yg sangat nikmat disajikan di segala kondisi.

Kopi juga memiliki cita rasa yg khas yg sangat melekat di lidah penikmatnya. Kopi juga terbukti mengandung unsur kimia yang bisa menolak rasa kantuk dan ini sangat berfaedah sekali bagi orang yg ingin bergadang atau memiliki aktifitas malam hari.

Namun taukah Anda bahwa kopi adalah minuman para sufi? Dan taukah Anda bahwa para Ulama yg berkomentar tentang kopi?

Di antara ulama yg saya temukan komentarnya dalam kajian saya seperti yg dikutip oleh Al Allamah Abdul Qodir Bin Muhammad Al Jaziry Dalam kitabnya Umdatus Shofwah fi Hukmil Qohwah, banyak ulama yg berfatwa mengenai hukum kebolehan meminum kopi seperti Syidi Syeh Zakariya Al anshori, Syidi Syeh Abdurrohman Bin Ziyad , Syidi Syeh Zarruq Al Maliki Al Maghribi, Syidi Syeh Abu Bakr bin Salim Attarimi, dan Syidi Syeh Abdulloh Al Haddad. .

Nama2 yg telah disebut di atas merupakan tokoh2 besar sufi. Tidak hanya berfatwa bahkan banyak juga ulama yg telah mengarang kitab yg isinya membahas khusus mengenai hukum kopi dan faidah Meminum kopi, di antaranya Sayyid Al Allamah Abdurrohman bin Muhammad Al Aidrus dalam Risalah Inusi as-Shofwah bi Anfusi al-Qohwah, juga Al Imam Al Faqih Syeh Bamakhromah mengarang syair tentang kopi yg Syairnya di komentari oleh banyak ulama.

Lalu dari Indonesia juga ada Al-Allamah Syeh Ikhsan Jampes Kediri dalam kitabnya Irsyadul Ikhwan fi Syurbil Qohwah wa Addukhon, juga Syeh abdul Qodir Bin Syekh dalam kitab Shofwatu As Shofwah fi Bayan hukmil Qohwah.

Juga dijelaskan dalam kitab Tarikh Ibnu Toyyib mengenai keutamaan Kopi. dan banyak lagi ulama yang menjelaskan tentang kopi.

Semogo bermanfaat

ditulis ulang oleh ~ Pak Rt

#Islam
#BeritaIslami
#Sunnah
#Qur'anHadist
#Tuntunan
#Islamnusantara
#PIN
#BelaIslam
#Aqidah
#ASWAJA
#pejuangislamnusantara
Pak Rt

Pak Rt

Salah Satu Penggiat Sosial Media, yang selalu mengedepankan informasi benar terpercaya. sebagai wahana Dakwah dan memerangi HOAK .

Post A Comment:

0 comments: