Laksamana Muda TNI (Purn) John Lie, Pahlawan Nasional


Assalamu'alaikum  Para Santri~ Laksamana Muda TNI (Purn) John Lie atau Jahja Daniel Dharma merupakan seorang Tionghoa (Cina) sekaligusperwira tinggi Angkatan laut yang sarat pengalaman dan juga jasa.

Mengawali perjalanan hidup sebagai seorang pelaut, John Lie ikut sebuah kapal dagang Belanda sebelum bergabung dengan Kesatuan Rakyat Sulawesi dan akhirnya menjadi Kapten di Angkatan Laut Republik Indonesia.

Ia berjasa mengawal barang-barang yang ditukar dengan senjata di Singapura untuk melawan pemerintah Belanda. Oleh karena terlalu tenggelam dalam kehidupannya sebagai tentara Indonesia, ia baru sempat menikah ketika usianya menginjak 45 tahun.

Laksamana Muda John Lie meninggal pada 27 Agustus 2008. Ia mendapat gelar Bintang Mahaputera Utama dari mantan presiden Soeharto pada 1995 dan Bintang Mahaputera Adiprana serta Pahlawan Nasional oleh Presiden SBY pada 2009.



ditulis Ulang oleh Pak Rt
sumbe Uniqpost
Pak Rt

Pak Rt

Salah Satu Penggiat Sosial Media, yang selalu mengedepankan informasi benar terpercaya. sebagai wahana Dakwah dan memerangi HOAK .

Post A Comment:

0 comments: